AUTISME?

Kalian tau gak sih apa itu autisme? Jujur akooh cendili macii binun sama konsep autisme. Tapi yang jelas akooh udah bisa bedain ko mana anak dengan autisme dan mana yang retardasi mental, hebat kan? Hahaha.. *gak nyambung.
apalagi kalo retardasi mentalnya masuk golongan mongolism, lebih gampang tuh bedainnya. Kenapa? Karena mukanya kembar semua (dikenal kembar 1000), beda dengan anak autis yang keliatannya normal. Bahkan anak autis kadang sulit dibedain dengan anak normal, soalnya gak ada bedanya sih.. loh kok ga ada bedanya? Ya ada sih.. tapi gak nampak2 bangetzzz… kalo pengen tau anak itu autis apa gak ya dilihat dari beberapa aspek, contohnya aja dari kontak mata. Untuk anak autis tu gak ada kontak mata, termasuk kalo diajak ngomong. Bakal sakit ati dah kalo gak tau karakteristik anak autis emang kaya gitu, soalnya kita ngrasa dicuekin sih.. ya emang gitu. Anak autis emang bisa berbicara, tapi gak buat komunikasi. Lalu? ya sekedar membeo. Pernah ni akooh  ngobservasi anak autis, tak tanya “namamu sapa?” eh malah dijawab “ namamu sapa?” nah lho, sapa juga gak bingung bakal digimanain lagi tu anak, padahal gurunya udah masrahin ke kita.. wadoh *pegang kening..
kalo dari kuliahnya bu sukinah, pengertian autisme yang akooh dapet sih kaya gini :
Ø  Autisme adalah gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial
Ø  Autisme berasal dari kata auto yang berarti sendiri. Kelainan perkembangan yang luas dan berat, dan mempengaruhi anak secara mendalam. Gangguan tersebut mencakup bidang interaksi sosial , komunikasi , dan perilaku.
Ø  Autisme adalah suatu gangguan yang menyangkut banyak aspek perkembangan yang bila dikelompokkan akan menyangkut tiga aspek yaitu perkembangan fungsi bahasa, aspek fungsi sosial, dan perilaku repetitif.
Tambahan nih.. karena gambaran autisme sangat beragam dan tiap saat seorang anak mengalami perkembangan, jadi penegakan diagnosa tidak bisa begitu saja, soalnya bisa saja kemudian diagnosa menjadi berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Oya ada lagi yang namanya autisme infantile, jajan apa lagi yah?? mmm tunggu aja deh postingan selanjutnya yaa ^_^